Jika user memilih keliling, maka kamu buat statement yang akan berjalan untuk penghitung keliling. Dan tentu saja, statement penghitung luas tidak akan ditampilkan. Lalu, bagaimana caranya agar program kita bisa melakukan hal seperti itu? Inilah fungsi dari perintah percabangan (dalam bahasa inggris dikenal sebagai branching). Aku akan menjelaskannya dalam bahasa pemrograman yang paling mudah dipahami. Tentu saja bahasa C! :)
(start)
| luas
| |
|keliling |
| |
[statement penghitung keliling] |
| |
|----------------------------------------------------
|
(end)
Apa yang kamu lihat di atas adalah flowchart sederhana program penghitung luas dan keliling lingkaran. Di dalam kurung sudut adalah tempat di mana dimulainya percabangan. Dalam pemrograman bahasa C, kita bisa menggunakan perintah if dan switch.
Perintah if
Ada 3 bentuk dalam penulisan perintah if:
1.if(syarat){
statement;
}
Keterangan: Statement di atas akan dijalankan jika syarat terpenuhi. Contoh:
if(bilangan < 0){
printf("ini bilangan negatif");
}
Maksud potongan program di atas adalah jika bilangan kurang dari 0, maka program akan menampilkan tulisan "ini bilangan negatif".
2.if(syarat){
statement1;
}else{
statement2;
}
Keterangan: Jika syarat terpenuhi maka statement 1 dijalankan. Jika tidak terpenuhi maka statement 2 yang akan dijalankan. Contoh:
if(bilangan < 0){
printf("ini bilangan negatif");
}else{
printf("ini bukan bilangan negatif");
}
3. if(syarat1){
statement1;
}else if(syarat2){
statement2;
}else{
statement3;
}
Keterangan: Jika syarat terpenuhi maka statement 1 dijalankan. Jika tidak terpenuhi maka statement 2 yang akan dijalankan. Tapi jika semua syarat di atas tidak terpenuhi, maka statement 3 yang akan dijalankan. Contoh:
if(bilangan < 0){
printf("ini bilangan negatif");
}else if(bilangan > 0){
printf("ini bilangan positif");
}else{
printf("ini bilangan nol");
}
Perintah switch
Perintah ini juga bisa kita gunakan untuk membuat percabangan. Perintah ini hampir sama dengan perintah if, namun perintah switch ini hanya bisa dipakai untuk percabangan yang memiliki satu nilai pasti.
switch(ekspresi){
case nilai-1: statement-1;
break;
case nilai-2: statement-2;
break;
. . . .
case nilai-n: statement-n;
break
default: statement;
}
Hmm, setelah kita tahu cara menggunakan percabangan, mari kita langsung ke TKP. Haha, maksudnya kita bikin program lingkaran kita tadi. :)
#include
void main(){
int pilihan;
float radius, keliling, luas;
printf("1. luas lingkaran\n2. keliling lingkaran\n(pilih 1 atau 2): ");
scanf("%d", &pilihan);
if(pilihan == 1){
printf("masukkan jari-jari lingkaran: ");
scanf("%f", &radius);
luas= 3.14 * radius * radius;
printf("luas lingkaran = %.2f", luas);
}else if(pilihan == 2){
printf("masukkan jari-jari lingkaran: ");
scanf("%f", &radius);
keliling= 3.14 * radius * 2;
printf("keliling lingkaran = %.2f", keliling);
}else{
printf("tidak ada pilihan");
}
}
Tidak ada komentar:
Posting Komentar