Jumat, November 13, 2009

Pembentukan Organisasi Karang Taruna RT.03 RW.08

Pembentukan Organisasi Karang Taruna RT.03 RW.08 Bagian 1.

Assalamuallaikum Wr.Wb

Pada kesempatan kali ini saya akan membagi/share pengalaman bagaimana bila kita diamanahkan untuk jadi ketua pada saat ada acara.

Tahun lalu saya di beri kepercayaan, bila mana waktu itu ada pak RT punya usul "bagaimana kalau di lingkungan rumah tangga kita ini diadakan KARANG TARUNA?" dan semua warga setuju untuk diadakannya karang taruna ini. KARANG TARUNA merupakan wadah pembinaan generasi muda yang berada di Desa / Kelurahan dalam bidang Usaha Kesejahteraan Sosial. Sebagai wadah pembinaan tentu saja mempunyai beberapa program yang akan dilaksanakan yang melibatkan seluruh komponen dan potensi yang ada di Desa / Kelurahan yang bersangkutan. Namun pada saat itu pemilihan karang taruna di lingkungan RT.

Dan warga pun menyutujuinya, akhirnya pada tanggal 29 Juni 2008 diadakan pemilihan Ketua Karang Taruna dan jajarannya,hehehe... setelah anak-anak muda dikumpulkan akhirnya digelar lah pemilihan dengan tujuan agar lingkungan masyrakat lebih terbantu. Sekitar ada 16 anak-anak muda pria dan wanita mengikuti ajang tersebut. Dimulai pukul 19.00 WIB di salah satu rumah warga.

Pada awalnya pak RT membuka acara dan memberi sambutan kemudian memberi penjelasan bagaimana sistemnya, tugasnya, dll. Lalu tepat pukul 19.20 WIB acara utama dimulai yaitu pembentukan organisasi karang taruna. Seluruh warga memilih calonnya dari 16 nama yang diajukan. Warga berhak memilih 3 nama yang akan terpilih untuk menempati kursi Ketua, Wakil Ketua, dan Bendahara. 3 nama yang selalu dipilih yaitu Hidayat (saya sendiri), Doni, dan Vidya. Kemudian pada saat penghitungan suara, nama yang paling banyak atau terpilih sebagai calon ketua adalah Hidayat (saya sendiri). Lalu ke dua Doni untuk menempati Wakil Ketua dan Vidya sebagai bendahara.

Setelah pembacaan surat suara pak RT mengajukan pertanyaan kepada 3 calon pemilih, salah satu pertanyaan di ajukan pada saya yaitu : “apa program kerja pendek kedepan yang anda pikirkan?” lalu saya pun menjawab “saya berpikir ingin membuat mading RT untuk memberitahukan pada warga segala aktivitas lingkungan RT.

Setelah beberapa pertanyaan ditanyakan kepada masing-masing dan pak RT pun menyetujui calaon-calonnya. Wargapun berhak menyetujuinya ataupun tidak. Pada akhirnya warga pun menyetujuinya. Dan pembentukan organisasi ini pun resmi dan selesai. Dan akan dipantau program kerjanya. Karang Taruna akan diresmikan pada malam memperingati 17 agustus 2008 atau 63 tahun indonesia merdeka.

Acara pembentukan Karang Taruna pun selesai. Dan sebagai Ketua, saya membuka Rapat pertama untuk pembentukan Struktur Organisasi yang terdiri dari seksi-seksi dan humas. Pada kali itu saya mencanangkan ide “kreativitaskan anak dari dini” yang maksudnya anak-anak yang berpotensi mempunyai skill dapat menuangkannya pada selembar carik kertas entah membuat puisi, cerpen, dan pantun atau lainya. Maka dari itu satu minggu terbentuknya Karang Taruna saya bergegas untuk membuat papan mading yang untuk menjadi kreativitas warga.

Sampai disini dulu nanti kita sambung lagi, tunggu Episode “Pembentukan Organisasi Karang Taruna RT.03 RW.08 bagian 2” makasih..

Wassallamualaikum Wr.Wb

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Lumayan menambah pengalaman buat w,thx. budi-JKT

Unknown mengatakan...

prosedur pembentukan karang taruna dimulai dari mana ya atau kita membuat proposal terus diajukan kekelurahan atau gimna ? tolong penjelasannya..

Copyright

Protected by Copyscape Original Content Validator
Blog ini telah dilindungi dariPenjiplakan atau Plagiarizing. Jadi jika blog/website anda mengcopy content dari blog ini silahkan cantumkan sumber dan direct linknnya. Agar terhindar dari Banned oleh Google.